Menu

TEHNOLOGI TEPAT GUNA ( BIOGAS )

Biogas adalah gas yang dihasilkan dari proses penguraian bahan-bahan organik oleh mikroorganisme dalam kondisi tanpa udara (anaerobik). Biogas dihasilkan dengan bantuan bakteri metanogen atau metanogenik. Bakteri ini secara alami terdapat dalam limbah yang mengandung bahan organik, seperti limbah ternak dan sampah organik. Umumnya, biogas diproduksi menggunakan alat yang disebut reaktor biogas (digester) yang dirancang agar kedap udara (anaerobik), sehingga proses penguraian oleh mikroorganisme dapat berjalan secara optimal.

Dari sedikit ilmu di atas warga masyarakat wukirharjo khususnya dusun Candisari Mengembangkan Biogas dengan menggunakan kotoran ternak sapi, melihat kondisi banyak  warga yang memelihara sapi.  Bangga dengan  keberhasilan warga wukirharjo dusun candisari dalam mengelola biogas  yang kemarin mendapatkan penghargaan Desa Perintis Kalpataru dari Binas Lingkungan hidup atas usaha melesarikan lingkungan hidup..

Semoga dapat menjadi acuan penyemangat bagi dusun dusun lainnya untuk melestarikan lingkungan dan mengembangkan potensi yang berada di dusun masing – masing.

Desa Wukirharjo merupakan desa perbukitan yang terletak di sebelah selatan Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman. Desa ini memiliki enam padukuhan yaitu Dusun Klumprit 1, Klumprit 2, Losari 1, Losari 2, Candisari, Watukangsi. Keenam padukuhan tersebut memiliki pesona tersendiri.

No comments

Tinggalkan Balasan

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA

KEPALA DESA WUKIRHARJO 2015 – 2021

APBDesa Wukirharjo 2019

REALISASI APBDes 2018

Count per Day

  • 99This post:
  • 24027Total reads:
  • 7Reads today:
  • 13Reads yesterday: