Menu

EVALUASI PERKEMBANGAN DESA DAN KELURAHAN (EPDESKEL)

Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (EPDESKEL) tingkat Kabupaten Sleman tahun 2018 Senin, 9 April 2018 bertempat di Balai Desa Wukirharjo Kecamatan Prambanan kabupaten Sleman. Kedatangan Tim disambut Jajaran Muspika Kecamatan Prambanan, Kepala Desa Wukirharjo beserta Perangkat, BPD dan Lembaga Kemasyarakatan Desa serta Kelompok masyarakat juga dimeriahkan penampilan drumband TK ABA Losari, kegiatan PAUD Losari 2 dan Kegiatan Posyandu Losari 1.

Acara penyambutan dilaksanakan di Aula Balai Desa Wukirharjo, dalam sambutannya Kepala desa Wukirharjo Turaji menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim EPDESKEL Kabupaten Sleman dan disampaikan bahwa Desa Wukirharjo telah menyiapkan segala sesuatu yang menjadi indikator penilaian sesuai dengan Permendagri nomor 81 Tahun 2017 dan capaian-capaian yang ada desa Wukirharjo.

Sebagai ketua tim Evaluasi  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD)  Kabupaten  Sleman Bapak H. Priyo Handoyo, SH., M.Si. Kepala Dinas PMD menyampaikan bahwa Desa Wukirharjo dari undian yang dilakukan sebelumnya mendapatkan jadwal yang terakhir dikunjungi dan dari desa yang memperoleh nilai terbaik akan mewakili kabupaten Sleman dalam Evaluasi di tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini juga untuk mengetahui tidak hanya dari segi administrasi saja tetapi juga inovasi dan pengembangan potensi wilayah demi mewujudkan desa yang mandiri dan masyarakat yang sejahtera.

 

Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan meliputi pemantauan dan penilaian tingkat perkembangan desa dan kelurahan. Evaluasi bidang pemerintahan meliputi aspek : Pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat, Desa dan Kelurahan berbasis teknologi informas/E-Government, pelestarian adat dan budaya. Evaluasi bidang kewilayahan meliputi aspek : Identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana, dan pengaturan investasi. Evaluasi bidang kemasyarakatan meliputi aspek : Partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesehjahteraan keluarga, kemanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemisikinan dan peningkatan kapasitas masyarakat.

Setelah acara penyambutan selesai dilanjutkan penilaian administrasi pada sekretariat desa, kepala seksi dan lembaga desa dan kunjungan ke dusun Candisari terkait dengan kegiatan posbindu, biogas dan administrasi dusun. Kunjungan dilanjutkan ke dusun Klumprit 1 yang disambut dengan kesenian jathilan, Paud dan admnistrasi dusun.

“Ucapan terima kasih disampaikan kepada Desa Wukirharjo yang telah menyambut dengan meriah dan mempersiapkan kegiatan EPDESKEL dengan cukup baik, hal-hal yang baik untuk dipertahankan dan yang menjadi catatan dari tim untuk bisa dilaksanakan dan dipenuhi demikian disampaikan H. Priyo Handoyo, SH., M.Si dalam pesan sesi terakhir.

Pelepasan Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan disampaikan oleh Camat Prambanan Bapak Eko Suhargono, SIP.

“Alhamdulillah, Puji syukur ke hadirat Allah SWT, atas taufik, hidayah, serta rida-Nya atas nikmat yang telah dilimpahkan kepada kita semua dan atas IzinNya jua kita dapat melaksanakan serangkaian kegiatan acara yg berjalan dengan sukses dan lancar sesuai harapan kita bersama. Tentunya rangkaian perjalanan dari perencanaan, persiapan, menuju ke pelaksanaan dan akhir acara dihiasi oleh berbagai cerita suka dan duka. kerja keras, keseriusan meluangkan waktu ditengah kesibukkan aktifitas sehari-hari dan mengorbankan waktu istirahatnya, sampai yang mondar-mandir dan jungkir balik demi suksesnya EPDESKEL di Desa Wukirharjo, tidak berharap menjadi juara tetapi menjadi yang terbaik ” demikian dikatakan Kepala Desa Wukirharjo setelah acara selesai.

Desa Wukirharjo merupakan desa perbukitan yang terletak di sebelah selatan Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman. Desa ini memiliki enam padukuhan yaitu Dusun Klumprit 1, Klumprit 2, Losari 1, Losari 2, Candisari, Watukangsi. Keenam padukuhan tersebut memiliki pesona tersendiri.

No comments

Tinggalkan Balasan

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA

KEPALA DESA WUKIRHARJO 2015 – 2021

APBDesa Wukirharjo 2019

REALISASI APBDes 2018

Count per Day

  • 2815This post:
  • 24026Total reads:
  • 6Reads today:
  • 13Reads yesterday: