Menu

DEMAPAN WUKIRHARJO

EVALUASI DAN GELAR POTENSI DESA MANDIRI PANGAN

Desa Wukirharjo  Kecamatan Prambanan mengikuti Verifikasi Lomba Desa Mandiri Pangan (DEMAPAN) Daerah Istimewa Yogyakarta. Penilaian lomba dilakukan pada hari Selasa, tanggal 31 Juli 2018 di Balai Desa Wukirharjo Kecamatan Prambanan.

Acara dimeriahkan dengan lomba mewarnai yang di ikuti oleh anak – anak Paud Se Desa Wukirharjo. dan Pameran produk lokal.

 

Penilaian Lomba Demapan Daerah Istimewa Yogyakarta dilaksanakan Ibu Ir. Syam Arjayanti beserta Tim dari BKPP Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Lima Aspek yang dinilai dalam evaluasi Demapan meliputi :

  1. Aspek Penilaian Tim Pangan Desa
  2. Aspek Pendamping dan keberlanjutan program
  3. Aspek Penilaian Lembaga keuangan Desa
  4. Aspek Penilaian Ketersediaan, Distribusi dan Konsumsi

Dari aspek ini dilihat seberapa kita bisa mengembangkan  potensi yang ada, ketersediaan bahan baku,Lumbung Pangan,  pemanfaatan pekarangan, cara pengolahan, hingga cara mendistribusikan kepada konsumen dengan melihat potensi pasar, daya beli konsumen sehingga tercipta produk lokal yang bermutu, berkualitas dan aman bagi konsumen atau masyarakat.

5. Aspek Penilaian Kelompok Afinitas

Aspek Afinitas meliputi Keorganisasian yang didalamnya terdapat ketertiban administrasi, permodalan, frekwensi pertemuan kelompok, pengembangan kapasitas kelompok, pengembangan usaha kelompok, kemitraan usaha, promosi, pembinaan kelompok.

Acara dibuka oleh Bapak Suwandi Aziz dari Dinas Pertanian Kabupaten Sleman dilanjutkan paparan singkat Kepala Desa Wukirharjo dilanjutkan sambutan dari tim Evaluasi Demapan Ibu Ir. Syam Arjayanti dari BKPP DIY.

Penilaian diawali dengan wawancara kelompok – kelompok afinitas, Tim Pangan Desa, Pendamping, Lembaga Keuangan Desa kemudian dilanjutkan dengan tinjauan ke lapangan yaitu di Dusun Watukangsi, Klumprit 1, Klumprit 2 dan Candisari.

Setelah tinjauan dari lapangan acara diakhiri dengan kesan dan pesan dari Tim dan dilepas oleh Camat Prambanan Bapak Eko Suhargono S.IP.

 

 

Desa Wukirharjo merupakan desa perbukitan yang terletak di sebelah selatan Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman. Desa ini memiliki enam padukuhan yaitu Dusun Klumprit 1, Klumprit 2, Losari 1, Losari 2, Candisari, Watukangsi. Keenam padukuhan tersebut memiliki pesona tersendiri.

No comments

Tinggalkan Balasan

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA

KEPALA DESA WUKIRHARJO 2015 – 2021

APBDESA 2020

APBDesa Wukirharjo 2019

Statistik Pengunjung

  • 0
  • 9
  • 732